Perspektif Kemudahan Akses Lokasi dengan Kepuasan Pasien UPTD Puskesmas Sekar Jaya Tahun 2020
Kepuasan Pasien
Abstract
Kemudahan akses menuju lokasi puskesmas merupakan salah satu kriteria pasien dalam memilih pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Pada masa sekarang ini dimana pembangunan dan perkembangan transportasi, teknologi dan penerapan pelayanan on line sangat memudahkan bagi masyarakat untuk memilih tempat pelayanan kesehatan yang diinginkan. Penelitian ini menilai Perspektif kemudahan akses ke lokasi puskesmas dengan kepuasan pasien yang menerima pelayanan di UPTD Puskesmas Sekar Jaya tahun 2020 dengan desain Penelitian analitik dengan dengan desain cross sectional dan dengan menggunakan dua instrumen penelitian yaitu quesioner kemudahan akses dan quesioner kepuasan pelanggan pada tanggal 1 Nopember sampai dengan 1 Desember 2020 dengan jumlah sampel 80 sampel. Dalam menganalisa hasil penelitian , peneliti menggunakan uji Chi – Square dan didapatkan hasil bahwa kemudahan dalam mencapai lokasi (geografis), Aksesbilitas transportsi umum dan ketersediaan lahan parkir yang memadai memiliku hubungan yang bermakna pada kepuasan pasien.